Cari Jodoh Malang, Biro Jodoh Malang, kontak Jodoh Malang atau bisa juga PAKET WISATA KE PULAU TIDUNG MURAH 2017 LENGKAP jika anda ingin bisnis harus mampu pilih Jasa SEO bergaransi, semoga bermanfaat.
Home » , , , , »

Istilah istilah dalam dunia internet


Istilah istilah dalam dunia internet

  
Dalam dunia internet terdapat banyak sekali istilah yang digunakan, berikut ini sebagian istilah istilah dalam internet tersebut:

1.       Electronic mail (e-mail)
Sebuah fasilitas internet yang memungkinkan kita mengirim dan menerima surat dalam format digital.
2.    telnet atau remote login
fasilitas memungkinkan kumputer anda untuk masuk (log) pada komputer lainnya dan menggunakan komputer tersebut.
istilah istilah dalam internet3.    FTP atau file transfer protocol
Fasilitas memungkinkan komputer anda untuk mengambil file yang terhubung pada remote komputer secara cepat dan kemudian melihat atau menyimpannya pada komputer kita.
4.    World wide web
World wide web (WWW atau the web) merupakan sistem besar terdiri dari server-server yang menawarkan berbagai jenis informasi kepada semua orang diinternet. Informasi ini bisa berbentuk teks biasa, gambar, suara dan tipe data lainnya.
5.    Website
mengacu pada sebuah komputer yagn dihubungkan keinternet yang berisi hypermedia yang dapat diakses dari komputer lain di jaringan melalui suatu hypertext link (McLeod, 2001, p75).
6.    Hypertext link
Hypertext link mengacu pada suatu petunjuk yang terdiri dari teks atau grafik yang digunakan untuk mengakses hypertext yang disimpan di website (McLeod, 2001, p75).
Hypertext link berbeda dengan text biasa, hypertext biasanya akan mengacu pada suatu file tertentu didalam website atau diluar website.
internet7.    Usenet
Usenet adalah sistem group diskusi dimana artikel-artikel individu disebarkan keseluruh dunia.
8.    IRC
IRC atau internet relay chat, adalah fasilitas yang memungkinkan semua orang yang terhubung ke internet bisa saling berkomunikasi dalam bentuk text.
9.    HTML
Menurut kurniawan (2001, P7), HTMl adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman-halaman hypertext pada internet. Konsep hypertext memungkinkan pembacaan dokumen tidka harus berurutan, baris demi baris atau halaman demi halaman namun dapat berpindah dari satu topik ke topik lainnya yang diinginkan. Dokumen HTML pada dasarnya adalah teks biasa. Pada dokumen HTML, dpat diberikan suatu formattertentu seperti bentuk tebal, miring, form, list, tabel, sedangkan pada dokumen teks hal ini, tidak bisa, dilakukan. Untuk melihat hasil format tersebut, tersebut diperlukan browser. Bahasa HTML disebut sebagai markup language karena mangendung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu halaman HTML. Struktur HTML sangat sederhana bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, dimana HTML tidak terdapat “looping”
10.    Web server ( istilah istilah )
Web server adalah suatu aplikasi yang berjalan diatas suatu website dan bertanggung jawab untuk merespon permintaan file dari web browser. Dalam melakukan permintaan suatu page pada website, browser melakukan hubungan web ke suatu server dengan menggunakan protokol HTTP. Server menanggapi koneksi tersebut dengan mengirimkan isi file yang diminta dan memutuskan koneksi tersebut. Kemudian browser memformat informasi yang didapatkan dari server. Web server tidak hanya sekedar melakukan pengiriman file, tetapi juga bertanggung jawab mengolah formulir dan linking form serta browser dan program-programnya.
11.    Web page
Web page mengacu pada suatu file hypermedia yang disimpan disuatu web site, yang diidentifikasi oleh suatu alamat yang unik (McLeod, 2001, p75)
Berdasarkan sifatnya web page di bagi menjadi 2, yaitu:
a.    Static page
Ciri-ciri page ini adalah web pages ini tidak pernah berubah, baik isi maupun tampilannya. Si pemogram web harus melakukan pengaturan ulang pada coding HTML untuk melakukan perubahan, sehingga perubahan yang terjadi pada page dilakukan secra manual.
b.    Dynamic pages
Ciri-ciri page ini adalah web pages ini dapat berubah sesuai permintaan user, perubahan yang terjadi bersifat otomatis, karena page men-generated sendiri perubahan yang terjadi, tanpa si pemrogram harus mencoding ulang.
Dymaic page biasanya digunakan untuk mengidentifikasi user, seperti login, atau dapat juga untuk mengecek tipe browser yang dipakai oleh user, sehingga page kita dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki oleh browser. Melalui page ini user dapat meminta suatu informasi, yang mungkin saja setiap permintaan user satu dengan yang lain dapat berbeda.( istilah istilah dalam internet )
Biasanya informasi terdapat dalam database, file text, file XML, dll. Biasanya untuk menghasilkan dynamic pages digunakan suatu scripting, karena hanya menggunakan pure-HTML mustahil untuk page seperti ini.
12.    Home page
Home page mengacu pada halaman pertama dari suatu web site (McLeod, 2001, p75). Halaman-halaman lain di site tersebut dapat dicapai dari homepage.

13.    URL (uniform Resource Locator)
URL mengacu pada alamat dari suatu web page (McLeod, 2001, p75)
Formar URL seperti gambar di bawah ini:

14.    HTTP (hypertext transfer protocol)
Menurut McLeod (2001, p75) HTTP adalah protocol untuk hypertext. Nama protokol dalam huruf kecil, dan diikuti oleh titik dua (:) dan dua garis miring (//)
15.    Domain name
Menurut McLeod (2001,p75-76) domain name adalah alamat web site tempat web page disimpan. Nama itu dapat memiliki titk-titik (disebut dot). Tiga huruf terakhir dari domain name menyatakan web site, edu (pendidikan/education), com (komersial/Commercial), dan gov (pemerintahan/government) adalah yang paling sering dipakai. Domain name diikuti oleh suatu garis miring.
16.    Path
Menurut McLeod (2001, p76) path dapat diidentifikasi suatu account tertentu di website dan hypertext markup language (HTML).
17.    Browser
Browser mengacu kepada perangkat lunak yang memungkinkan kita mengambil hypermedia dengan mengetikkan parameter pencarian atau mengklik suatu grafik. Kemampuan ini membebaskan kita dari keharusan untuk mengetahui URL dari web page yang berisi informasi yang kita butuhkan. Browser disebut juga search engine (McLeod, 2001, p76)


Artikel yang berhubungan: