Cari Jodoh Malang, Biro Jodoh Malang, kontak Jodoh Malang
Home » »

Pengertian e-commerce ADALAH


Pengertian e-commerce ADALAH


Salah 1 karakteristik utama era informasi adalah binis elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-commerce, dimana internet merupakan salah satu insfrastuktur utama e-commerce. Menurut Turban et. al. (2000,p4). Internet adalah suatu jaringan global yang menjadi suatu lingkungan maya yang terdiri dari komputer-komputer yang saling terhubung, sehingga memungkinkan orang untuk berkomunikasi satu sama lain dalam lingkup global. Definisi e-commerce sendiri sangat beragam, bergantung pada perspektif atau kaca mata yang memanfaatkannya. Berikut ini dikutip beberapa definisi, yaitu:
E-Commerce merupakan suatu proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, pelayanan dan informasi Via jaringan komputer.
Association for e-commerce dalam buku karangan Indrajit (2001,p1) secara sedehana mendefinisikan e-commerce sebagai mekanisme bisnis secara elektronis,
Menurut Turban et.al (2000,p4) e-commerce adalah sebuah konsep yang menggambarkan suatu proses pembelian & penjualan / pertukaran produk, jasa, & informasi melali jaringan-jaringan komputer termasuk internet.
Carter (2002, p2) menjabarkan e-commerce sebagai semua bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktivitas komersial, baik itu organisasi maupun individual yang berdasarkan pengolahan dan transmisi data yang terdigitalisasi, termasuk teks, suara, dan gambar visual.

Fellenstein (2001, p1), mendefinisikan e-commerce sebagai kumpulan aktivitas transaksi, pra-transaksi, dan pasca-transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual melalui Internet (atau intranet) ketika ada niat yang jelas untuk menjual atau membeli.

Pengertian pasar/market dalam konsep e-commerce adalah suatu jaringan interaksi & hubungan dimana informasi, produk, layanan & pembayaran dipertukarkan karena pasar disini sifatnya maya, maka pembeli & penjual tidak bertatap muka dalam melakukan transaksi, istilah pasar (market) disini telah berganti menjadi e-market           ( elektronik market )

Commerce Net sebuah konsorsium industri, dalam buku karangan Indrajit (2001,p1), memberikan definisi yang lebih lengkap, yaitu penggunaan jaringan komputer (komputer yang saling terhubung) sebagai sarana penciptaan relasi bisnis.

Commerce Net juga menambahkan bahwa didalam e-commerce terjadi proses pembelian & penjualan jasa /produk antara dua belah pihal melalui internet / pertukaran & distribusi informasi antar dua pihak di dalam satu perusahaan dengan menggunakan intranet.

Hartman (2000,p1) mendefinisikan e-commerce sebagai suatu jenis dari mekanisme bisnis secara efektivitas yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang / jasa baik antara 2 buah institusi ( Business to Business / B2B ) maupun antar Institusi dan konsumen langsung ( Business to Customer /  B2C )

Artikel yang berhubungan: