Cari Jodoh Malang, Biro Jodoh Malang, kontak Jodoh Malang atau bisa juga PAKET WISATA KE PULAU TIDUNG MURAH 2014 LENGKAP
Home » »

FAKTOR FAKTOR PENYEBAB STRESS | Etiologi Stres


FAKTOR FAKTOR PENYEBAB STRESS | Etiologi Stres

FAKTOR FAKTOR PENYEBAB STRESS
Etiologi Stres
* Adanya kejadian-kejadian signifikan. Misalnya : kematian anggota keluarga, kematian orang terdekat, perceraian atau perpisahan, mengalami hukuman, mengalami luka atau sakit serius, memasuki dunia perkawainan, dipecat, gagal melakukan hal penting, anggota keluarga sakit, kehamilan, masalah seksual, pertikaian serius dengan orang terdekat, perubahan status keuangan dan sebagaianya
* Kesulitan kehidupan sehari-hari. Misalnya : kekhawatiran tentang bagaimana memperoleh uang cukup, hubungan sosial yang tidak mulus dengan teman-teman atau tetangga, terlalu banyak pekerjaan, ketidakmampuan memberikan waktu bagi keluarga, dsb.
* Ciri kepribadian juga dapat berperan. Orang yang sangat menyukai kompetisi, dan menuntut diri maupun orang lain untuk memenuhi standar pencapaian tinggi mungkin akan lebih mudah terkena stres yang terkait dengan penyakit.
* Faktor situasional juga tidak dapat dilupakan. Bila kita diperlakukan diskriminatif atau penuh prasangka karena sesuatu hal yang berbeda dari diri kita (misal : agama, jenis kelamin, kelas sosial, etnis dll), kita dapat merasa tertekan dan mengalami kesulitan untuk dapat beradaptasi atau bekerja secara baik.
* Trauma, adalah suatu kejadian yang mengguncang secara psikologis. Biasanya peristiwa tersebut terjadi secara tiba-tiba, dahsyat, bahkan mengguncang jiwa. Untuk itulah orang yang merasakannya mengalami ketakutan yang sangat intens dan tidak berdaya. Stres yang diakibatkannya atau yang menyusul kejadian traumatik disebut stres pasca trauma. Berbeda dengan stres sehari-hari yang umunya dapat lebih mudah ditanggulangi, stres traumatik bila tidak tertangani baik dapat sangat mengganggu fungsi individu.

Artikel yang berhubungan: